Selasa, 23 Oktober 2012

2. Unsur-unsur system komputer

Unsur-unsur Sistem Komputer


A. HARDWARE
Macam-macam Hardware Beserta Fungsinya - Macam-macam perangkat keras atau Macam-macam Hardware Beserta Fungsinya - Jenis-jenis Hardware Serta Fungsi kegunaanya.
Hardware berupa peralatan fisik dari sebuah sistem komputer, peralatan ini terdiri atas 3 jenis, yaitu:

1. Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.

2. perangkat keluaran (Output device)
perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.

3. Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

Macam-macam Perangkat keras :


1. CPU (Central Processing Unit)
CPU Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.

2. Monitor
Monitor Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.

3. Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.

4. Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.

5. Printer
Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.

6. CD ROM
CD ROM Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optic

7. Compact Disk (CD)
CD merupakan Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.

8. Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.

9. Harddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.

10. Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.



B. Software

A.      Pengertian Software

Secara harfiah software berarti piranti lunak; perangkat lunak; program
computer. Istilah baku dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak.
Softwaremerupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin computer dalam menjalankan pekerjaannya. Software ini merupakan catatan bagi mesin computer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika ini diolah  melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengolahan data software ini melibatkan beberapa hal, yaitu system operasi, program, dan data.
Dalam arti yang paling luas, software computer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian.

B.      Fungsi Software
Fungsi-sungsi software antara lain :
1.       Mengidentifikasi program,
2.       Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan computer terkontrol,
3.       Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

C.      Jenis-jenis Software

Umumnya, software yang sering kita pakai terbagi menjadi dua jenis, yaitu :
1.      software system operasi (operating system)
System software bertanggung jawab mengatur berbagai hardware agar dapat bekerja secara bersama-sama. Sehingga para pengguna dan software yang lain tidak perlu memikirkan bagaimana hardware bekerja. Tugas utama lain dari system software adalah menjebatani antara software-software yang lain dengan hardware. System software menerjemahkan intruksi-intruksi dari software lain ke dalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware. System Software adalah software yang berada pada level paling bawah di mana bahasa yang digunakan ada assembler (bahasa mesin). Contoh : Microsoft Windows, Linux, Mac OS X.

2.      Software pemrograman (Programming Software)
Software pemrograman biasanya dipakai untuk memudahkan para pembuat program (programmer) untuk menulis program yang kemudian dibentuk menjadi sebuah objek yang bisa diakses oleh system software dalam bentuk aplikasi. Software programan berbentuk lebih ke intruksi langsung terhadap system software. Berbagai macam software pemprograman digunakan dan bermacam pula varian dari alogaritma masing-masing software yang berada pada level tengah. Contohnya seperti Visual Studio, Gambas, Delphi, C++ dll.

3.      Software aplikasi (application software).
Software Aplikasi dibangun untuk sebuah tujuan atau keperluan yang bisa berupa program khusus atau berbagai kumpulan dari program-program. Software aplikasi menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk menginstruksikan tugas-tugas dalam bentuk yang lebih sederhana, artinya bukan dalam bentuk pemrograman.

Software Aplikasi adalah lapisan antarmuka terakhir antara computer dan pengguna. Maka software apikasi berada pada tingkatan teratas dari tipe-tipe software. Contoh dari software aplikasi adalah browser internet, aplikasi bisnis, aplikasi bisnis, aplikasi perkantoran, editor kata dan gambar, dll



Secara khusus, software terbagi menjadi lima, yaiut :
1.       System operasi (operating system)
2.       Alat bantu (utility)
3.       Bahasa pemrograman
4.       Routines (user program)
5.       Application package (package program)

D.      System Operasi (operating System)

Contoh system operasi  yang mengatur seluruh proses, menerjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian antara lain : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7, dsb.


1.         Pengertian System Operasi (operating System
System ini mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan processing dalam system computer. Operating System merupakan kumpulan dari program routine dan prosedur yang dibuat untuk memperkecil peranan pengguna computer dan memperbesar efisiensi system tersebut.
System operasi didefinisikan sebagai perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara pemakai computer (user) dengan perangkat keras (hardware).

2.        Fungsi Sistem Operasi (operating System)
Operating System merupakan system software yang berfungsi untuk mengatur cara kerja computer secara mendasar.
Fungsi utama System Operasi antara lain :
a.       Sebagai manajemen proses yang mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.
b.      Sebagai manajemen sumber daya yang berkaitan dengan pengendalian terhadap perangkat lunak system/ perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan. Contoh simber dayanya adlah komponen perangkat keras pada computer seperti CPU, memori utama, dan alat input/ output.
c.       Sebagai manajemen data, yaitu berupa pengendalian terhadap data masukan/ keluaran. Selain itu, juga mempunyai sarana untuk mengolah keamanan. Cirinya antara lain : pemakai (user) memasukan nama pemakai dan password (kata rahasia) sebelum mengakses computer.
3.       Macam Sistem Operasi (operating System)
Secara umum operating System dibuat untuk jenis computer tertentu, antara lain :
a.       Microsoft windows untuk personal computer (PC)
b.      VMS untuk DEC
c.       OS/2, AIX, OS/390 untuk IBM
d.      MacOS untuk Apple Macintosh
e.      SunOS untuk Sun Computers
f.        Palm OS untuk PDA PalmPilot
g.       Microsoft windows CE untuk Palmtop UNIX, yaitu induk operating System yang mampu diimplementasikan untuk segala macam jenis mesin computer yang ada sampai saat ini.

Daftar Operating System dengan versi terakhir antara lain :
a.       Microsoft Windows Me
b.      Microsift Windows 2000
c.       Novell Netware 5
d.      MacOS 9 Beta dan MacOS X Server
e.      Linux RedHat 7.0, Mandrake 7.2, YellowDog 1.2, MkLinux R1, LinuxPPC 2000, Slackware    7.1, Caldera OpenLinux 2.4, SuSE 7.0, Debian 2.2
f.        FreeBSD 4.2
g.       Solaris 7
h.      BeOS Release 5

Sistem Operasi yang paling umum digunakan antara lain :
a.       DOS (Disk Operating System)
Awalnya dipakai pada IMB PC (disebut PC-DOS) dan PC (Personal Computer) yang kompatibel dengan IMB PC (disebut MS-DOS). Versi DOS pertama dirilis tahun 1982 yang dikemas dalam sebuah disket.
DOS merupakan system operasi dasar yang selalu ada pada system operasi Windows sekarang ini. mungkin kini sudah jarang sekali menggunakan system operasi DOS karena Sistem Operasi Windows telah memiliki GUI (Graphical User Interface) yang sangat baik.
Cara memulai DOS berbeda-beda untuk setiap masing-masing Sistem Operasi Windows. Caranya adalah sebagai berikut :
1)      Untuk Windows 98/ME : Klik Start menu| MS-DOS Prompt
2)      Untuk Windows 2000/XP : Klik start menu | Accessories | Command Prompt
3)      Atau untuk setiap Windows : Klik start menu | Run | ketiklah ‘cmd’ atau ‘command’ (tanpa tanda petik).
b.      Windows
Windows adalah salah satu system operasi andalan Microsoft yang bnayak dipakai saat ini, karena mempunyai banyak feature yang mampu memanjakan pemakainya. Maka semakin tinggi versi dari Windows, semakin banyak kemudahan yang ditawarkannya. Perkembangan windows dimulai dari Windows 1.0, Windows versi 3, Windows 95, Windows 97, Windows ’98, Windows 2000, dan Windows XP (experience), terakhir adalah Windows Longhorn (Windows Vista).
Setelah Microsoft meluncurkan Windows 2000 versi beta (percobaan), akhirnya Microsoft Windows 2000 (final) diluncurkan dalam dua versi, yaitu Windows 2000 Profesional dan Windows 2000 Server.
Pada tahun 2002 Windows XP pun diluncurkan, XP Home Edition dan Profesional Edition.
c.     Macintosh/Mac OS
Macintosh adalah salah satu jenis PC berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple Computer, diluncurkan pada bulan Januari 1984. Mac adalah computer pertama yang mempopulerkan graphical user interface, yang pada waktu itu sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia perkomputeran desktop. Macintosh disebut juga Mac OS, dibuat untuk computer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM.
d.     Novell Netware
Novell Netware adalah system operasi jaringan yang paling banyak digunakan. Pertama kali digunakan khusus bagi LAN (Local Area Network) dengan pendekatan file server murni.
e.      BeOS
BeOS adalah system operasi untuk PC yang didesain untuk aplikasi multimedia masa depan yang berjalan pada arsitektur PowerPC dan Intel.  Salah satu tujuan utama BeOS adalah mengelola jumlah data yang besar secara optimal. System operasi ini dapat memenuhi tuntutan aplikasi-aplikasi multimedia dengan dukungan multi processor, system file 64 bit, dan multithreading.
f.        OS/2
OS/2 adalah system operasi untuk PC yang awalnya dikembangkan oleh Microsoft dan IBM, tetapi kemudian dijual dan dikelola oleh IBM. Kelebihan utama OS/2 adalah arsitekturnya yang kuat.
g.       Palm OS
Palm OS adalah system operasi computer yang menjadi platform dari PDA (Personal Digital Assistans). PDA  adalah computer saku yang didesain sebagai personal organizers yang memiliki fungsi dasar seperti pengaturan jadwal, buku alamat, catatan tugas, dan memo yang dapat disinkronisasikan dengan computer PC.
h.      UNIX
UNIX adalah sebuah system operasi yang pada awalnya dikembangkan oleh Bell Labs pada tahun 1969 sebagai sebuah system yang berkonsep ‘interaktif time-sharing’. UNIX diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie.
Karakteristik UNIX antara lain :
1)      Multitasking, dapat menjalankan lebih dari satu jenis aplikasi pada saat yang bersamaan
2)      Multiuser, dapat digunakan oleh lebih dari satu user pada waktu yang bersamaan.
3)      Line/ Text Command Based, menyerupai DOS yang menggunakan perintah yang di’ketik’an sebagai sarana ‘memerintah’ computer.
4)      Secure, memiliki tingkat keamanan yang cukup dibandingkan Operating System    lainnya.
5)      Ready-for-Network, karena sejarah pembuatannya memiliki tujuan sebagai sarana komunikasi antarkomputer.
i.       LINUX
LINUX adalah sebuah system operasi yang menyerupai UNIX, merupakan implementasi independen dari POSIX. Meliputi true multitasking, virtual memory, shared libraries, demand-loading, proper memory management, dan multiuser.
            LINUX merupakan system operasi yang disebarkan secara luas dengan gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), yang berarti juga source code Linux tersedia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar