Rabu, 20 Juni 2012

Tugas 5


5. Jelaskan mengenai penduduk masyarakat dan kebudayaan !
Jumlah penduduk dunia diperkirakan akan mencapai 7 milyar jiwa pada tahun 2012. Terdapat 6,7 miliar penduduk dunia saat ini dan Indonesia menempati peringkat empat dengan jumlah penduduk sekitar 237 juta penduduk yang saat ini di peroleh data dari Badan Pusat Statistik terhitung mulai oktober 2010. Bisa kita bayangkan akan penuh sesaknya bumi kita ini dengan semakin bertambah banyaknya populasi manusia dan penggandaan. Di Indonesia sendiri hal yang sangat mempengaruhi tidak terprogamnya pertambahan jumlah penduduk atau demorgafi adalah himbauan dari pemerintah yang kurang pro aktif untuk mengkampanyekan program KB dan masyarakat yang kurang menyadari akan besarnya jumlah ledakan penduduk yang akan bertambah tiap tahunya. Dari data Badan Pusat Statistik pertambahan jumlah penduduk tercatat dari tahun 2005 sampai 2010 adalah sekitar 30 juta manusia.
          Dan denga tercatatnya jumlah kematian kasar di Badan Pusat Statistik di setiap 1000 penduduk hanya 3 sampai 4 terjadi kematian tiap tahunya. Ini sangatlah tidak berimbang dengan jumlah perkembangan penduduk indonesia. Maka untuk mengatur meratanya pertumbuhan penduduk di indonesia, pemerintah harus menggaalakkan kembali program-progam yang sedang berjalan seperti sekarang ini, adalahh transmigrasi ataupun migragsi. Diharapkan dengan suksesnya program tersebut pemerataan jumlah penduduk dengan lokasi bertempat tinggalnya penduduk sendiri akan lebih merata.
          Dengan makin bertambahnya jumlah penduduk dan dengan semakin berkembangnya tehnologi maka masyarakat kita semakin lupa dengan kebudayaan kita sendiri, yaitu suatu sikap yang mencitrakan Indonesia di mata dunia. Kita sering mendengar bahkan melihat sendiri bagai mana perilaku masyarakat indonesia yang sangat melanggar nilai-nilai dari kebudayaan kita sendiri yang notabene budaya timur yang sangat erat hubunganya dengan agama dan keyakinan. Budaya barat yang terus masuk ke indonesia dan tanpa di imbangi dengan kesadaran kita sendiri untuk mempertahankan budaya kita akan semakin menggilas perilaku dan budaya masyarakat kita menjadi hal-hal yang negatif. Ini juga semakin menjauhnya kita untuk mendalai ilmu agama yang adalah penuntun jalah bagaimana cara menjalani kehidupan. Dan kita masyarakat indonesia tidak bisa menyalahkah budaya barat yang terus berkembang di negara kita. Saya harap semua rakyat indonesia dapat mempertahakan kebudayaan timurnya dan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar